Potret Diri NFT Edward Snowden Dijual seharga $ 5,4 Juta

Potret Diri NFT Edward Snowden Dijual seharga $ 5,4 Juta

Para pengunjuk rasa memegang plakat yang menampilkan gambar mantan kontraktor intelijen AS Edward Snowden saat mereka mengambil bagian dalam protes pengawasan NSA di Jerman pada 27 Juli 2013.

Para pengunjuk rasa memegang plakat yang menampilkan gambar mantan kontraktor intelijen AS Edward Snowden saat mereka mengambil bagian dalam protes pengawasan NSA di Jerman pada 27 

Nama besar terbaru untuk masuk ke Kegilaan NFT adalah mantan kontraktor intelijen dan whistleblower Edward Snowden, yang pada hari Jumat melelang sebuah karya seni NFT asli untuk sekitar $ 5,4 juta dari cryptocurrency Ether.


Berjudul “Tetap Gratis”, ini adalah potret diri digital yang dibuat dari halaman dari a Keputusan Pengadilan Banding AS yang memutuskan pengawasan luas Badan Keamanan Nasional terhadap catatan telepon melanggar hukum, sebuah praktik yang diungkapkan Snowden pada tahun 2013 dengan membocorkan rahasia rahasia NSA kepada jurnalis. Potret Snowden aslinya snadiambil oleh fotografer Platon, yang memberikan izin untuk karyanya untuk digunakan dalam NFT ini, menurut deskripsi potongan di Yayasan pasar seni online.

“Ini adalah satu-satunya NFT yang diproduksi oleh Snowden,” klaim Stay Free daftar.

NFT dijual seharga 2.224 Ether, senilai lebih dari $ 5,4 juta pada saat penerbitan. Semua hasil dari penjualan ini akan disumbangkan ke Freedom of the Press Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang mengembangkan alat sumber terbuka untuk pelapor dan bekerja untuk melindungi jurnalis dari peretas yang disponsori negara dan pengawasan pemerintah. Snowden telah memimpin organisasi tersebut sebagai presiden sejak itu 2017.

“Saya ingin menyampaikan terima kasih yang sangat khusus kepada semua orang yang mengikuti ini selama 24 jam terakhir, dan terima kasih yang terdalam dari SEMUA ORANG di @FreedomofPress kami kepada mereka yang mengajukan tawaran di acara amal kami,” Snowden tweeted pada hari Jumat. “Anda membantu kami membuat dunia yang lebih baik. Tetap bebas!”

Snowden menghadapi beberapa tuduhan kejahatan di AS berdasarkan Undang-Undang Spionase tahun 1917 karena membocorkan informasi rahasia tentang program pengawasan global dan domestik NSA. Ini termasuk NSA “Pengumpulan massal” dari miliaran panggilan telepon domestik dan pesan teks di AS, sebuah praktik yang kemudian dianggap tidak konstitusional sebagai tanggapan atas gugatan yang diajukan oleh American Civil Liberties Union. Untuk menghindari tuntutan, Snowden melarikan diri ke Rusia pada 2013, di mana dia tinggal hingga hari ini. Otoritas Rusia awalnya memberinya suaka sementara dan, pada tahun lalu, tempat tinggal permanen.

NFT, atau token non-fungible, adalah item digital satu-satunya yang dicetak di blockchain, sehingga menjamin catatan kepemilikan dan keaslian yang akurat. Hari-hari ini sepertinya semua orang dan ibu mereka bergegas untuk menguangkan kegilaan dengan koleksi digital. Dari gif untuk Funko muncul dan tweet—Setiap artefak budaya pop yang dapat Anda pikirkan, Anda dapat bertaruh bahwa seseorang sudah menjajakan NFT-nya.